cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. magelang,
Jawa tengah
INDONESIA
Jurnal Analisis Bisnis Ekonomi
ISSN : 16935950     EISSN : 2579647X     DOI : -
Core Subject : Economy,
urnal Analisis Bisnis Ekonomi is a journal published by the Faculty of Economics and Business, Universitas Muhammadiyah Magelang, published twice a year in April and October. The publication of this journal is intended as a medium of information exchange and scientific work between faculty, alumni, students and the public. The article in this journal contains many articles of research both in business and economics.
Arjuna Subject : -
Articles 9 Documents
Search results for , issue " Vol 14 No 1 (2016): Volume 14, Nomor 1, April 2016" : 9 Documents clear
ANALISIS KOMPARATIF PEMBENTUKAN PORTOFOLIO OPTIMAL MENGGUNAKAN CAPITAL ASSET PRICING MODEL (CAPM) DAN STOCHASTIC DOMINANCE Andriyani, Lilik; Farida, Farida; Machfiroh, Dwi Lailatul
Jurnal Analisis Bisnis Ekonomi Vol 14 No 1 (2016): Volume 14, Nomor 1, April 2016
Publisher : Universitas Muhammadiyah Magelang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (310.416 KB)

Abstract

Penelitian ini menerapkan secara langsung Capital Asset Pricing Model (CAPM) dan stochastic dominance untuk memecahkan masalah pemilihan portofolio. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan tingkat return dan risiko portofolio antara pemilihan saham menggunakan Capital Asset Pricing Model (CAPM) dan stochastic dominance. Penelitian ini menggunakan data sekunder dan pemilihan sampel secara purposive sampling. Data sampel terdiri dari 20 saham terpilih (dari Indeks Sri-Kehati) yang diperoleh selama 31 bulan, yaitu April 2013 hingga Oktober 2015. Independent sample t-test digunakan untuk menganalisis perbedaaan return dan risiko portofolio antara pemilihan saham menggunakan Capital Asset Pricing Model (CAPM) dengan pemilihan saham menggunakan stochastic dominance. Hasil penelitian mengindikasikan bahwa secara signifi kan terdapat perbedaaan return dan risiko portofolio antara pemilihan saham menggunakan Capital Asset Pricing Model (CAPM) dengan pemilihan saham menggunakan stochastic dominance.
TOTAL QUALITY MANAGEMENT, SISTEM PENGUKURAN KINERJA, PENGHARGAAN DAN KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN Susanto, Barkah
Jurnal Analisis Bisnis Ekonomi Vol 14 No 1 (2016): Volume 14, Nomor 1, April 2016
Publisher : Universitas Muhammadiyah Magelang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (228.994 KB)

Abstract

Dorongan utama penelitian ini dilatarbelakangi oleh kajian empiris mengenai kinerja karyawan perbankan yang masih beragam terkait pelayanan yang diberikan kepada para nasabah. Banyaknya pengaduan dari nasabah membuktikan bahwa kinerja karyawan perbankan masih belum maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh total quality management, sistem pengukuran kinerja, penghargaan dan komitmen organisasi terhadap kinerja karyawan. Alat analisis yang digunakan adalah SPSS dengan Regresi Linier Berganda. Studi ini memberikan bukti bahwa komitmen organisasi berpengaruh positif terhadap kinerja karyawan, sedangkan total quality management, sistem pengukuran kinerja dan penghargaan tidak berpengaruh positif terhadap kinerja karyawan.
KEPEDULIAN DAN PENGETAHUAN PELAKU BISNIS MENGENAI GREEN ACCOUNTING Astuti, Arisma Dwi; Nugroho, Paskah Ika
Jurnal Analisis Bisnis Ekonomi Vol 14 No 1 (2016): Volume 14, Nomor 1, April 2016
Publisher : Universitas Muhammadiyah Magelang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (244.954 KB)

Abstract

Sebuah konsep baru tentang green accounting yang di berbagai negara, mulai diterapkan di Indonesia untuk berbagai jenis industri. Terutama di perhotelan, sektor industri jasa melalui penelitian PROPER 2012 bisnis sektor yang berada di posisi hitam adalah perhotelan. Karena ketidaktaatan terhadap b3 tentang pengelolaan limbah. Tanggung jawab pelaku bisnis di sekitar lingkungan bisnis merupakan salah satu hal penting dalam menjalankan kegiatan usahanya menghasilkan limbah, yang akan berpengaruh besar dalam proporsi sekitarnya. Hasil sektor jasa perhotelan adalah limbah atau wastes. Limbah berasal dari bahan basah, makanan olahan dan air, air cucian. Jika tidak ditangani dengan baik akan berdampak buruk bagi lingkungan bisnis di sekitar. Penelitian ini mengambil sampel penginapan-penginapan di kota Salatiga tentang kepedulian dan kesadaran untuk keramahan terhadap lingkungan. Namun pada kenyataannya masih banyak perhotelan non-bintang tidak mengetahui green accounting. Pengetahuan akan biaya lingkungan adalah salah satu tanggung jawab kegiatan usaha. Jadi diperlukan sosialisasi di semua perhotelan di Salatiga, baik hotel bintangl dan hotel non bintang. Dengan demikian green accounting dapat diterapkan di sektor perhotelan, baik hotel ber bintang maupun non bintang.
PERANG SUKU BUNGA KPR DI INDONESIA: PENDEKATAN TEORI PERMAINAN Taurusianingsih, Dyah Nirmalawati
Jurnal Analisis Bisnis Ekonomi Vol 14 No 1 (2016): Volume 14, Nomor 1, April 2016
Publisher : Universitas Muhammadiyah Magelang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (293.502 KB)

Abstract

Penelitian ini mengembangkan model kompetisi di tingkat kredit properti di industy perbankan Indonesia, berdampak pada kebijakan makroprudensial Indonesia. Penelitian ini mengusulkan tiga skenario tingkat pinjaman model kompetis dan estimasi parameter. Hasil bertujuan untuk memberikan kontribusi untuk memahami persaingan harga (suku bunga kredit) di industri perbankan Indonesia pada pendekatan teori permainan, yang sebenarnya, ada lagi pesaing nonperbankan yang masuk ke pasar.
MEMPERTAHANKAN DAYA SAING KOTA MAGELANG DENGAN MENDONGKRAK POTENSI PEREKONOMIAN MAKRO Maizunati, Nur Afiyah
Jurnal Analisis Bisnis Ekonomi Vol 14 No 1 (2016): Volume 14, Nomor 1, April 2016
Publisher : Universitas Muhammadiyah Magelang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (307.255 KB)

Abstract

Pada tahun 2015 daya saing Kota Magelang mampu menduduki peringkat pertama di Jawa Tengah. Namun demikian berdasarkan indikator pengukuran indeks tersebut, Kota Magelang masih belum unggul dalam pilar makro ekonomi. Melalui pendekatan Hodrick-Prescott Filter dan regresi data panel, penelitian ini memfokuskan kajian deskripsi kondisi eksisting dan potensi ekonomi makro Kota Magelang dalam kaitannya untuk mendorong daya saing. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan signifi kan positif antara pertumbuhan ekonomi dan skor daya saing untuk indikator perekonomian daerah. Perhitungan potensi ekonomi makro menunjukkan bahwa perekonomian Kota Magelang masih berfl uktuasi di beberapa tahun. Gap negatif mengindikasikan masih terdapat sektor ekonomi yang belum tereksplor secara optimal. Beberapa strategi pemantapan perekonomian dalam mendukung daya saing dapat ditempuh melalui inovasi, penetrasi teknologi, eksplorasi ekonomi kreatif, mendongkrak investasi, optimasi sektor andalan dan kompetensi SDM. Tidak kalah penting adalah komitmen untuk menghindari eksternalitas negatif menuju penciptaan kelembagaan yang berkualitas dan akuntabel dalam mewujudkan Kota Magelang yang berdaya saing dan sejahtera secara berkesinambungan.
ANTESEDEN DAN KONSEKWENSI IMPLEMENTASI SISTEM AKRUAL BASIS (STUDI EMPIRIS PADA SATUAN KERJA PERANGKAT DAERAH PROVINSI LAMPUNG) Waspodo, Lego
Jurnal Analisis Bisnis Ekonomi Vol 14 No 1 (2016): Volume 14, Nomor 1, April 2016
Publisher : Universitas Muhammadiyah Magelang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (250.663 KB)

Abstract

Penelitian ini menguji variabel anteseden pada implementasi berdasar sistem akrual dan konsekuensinya. Variabel antaseden adalah: adaptasi pegawai dan dukungan manajer. Konsekuesi adalah kepuasan dan kinerja pegawai. Penelitian ini merupakan uji empiris yang menggunakan teknik pengambilan sampel convienence dalam pengumpulan data. Data dikumpulkan dari 107 pegawai pemerintah daerah di provinsi Lampung. Analisis data yang digunakan Structural Equation Model (SEM) dengan program AMOS 20.0. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa empat hipotesis yang diajukan diterima.
FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KUALITAS LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH Yuliani, Nur Laila; Agustini, Rahmawati Dwi
Jurnal Analisis Bisnis Ekonomi Vol 14 No 1 (2016): Volume 14, Nomor 1, April 2016
Publisher : Universitas Muhammadiyah Magelang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (229.132 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji faktor-faktor yang berpengaruh terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah. Faktor-faktor tersebut adalah kompetensi sumber daya manusia, penerapan sistem akuntansi keuangan daerah, pemanfaatan teknologi informasi, penerapan standar akuntansi pemerintahan ‘dan pengendalian intern. Dorongan utama penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya kualitas laporan keuangan pemerintah daerah di Indonesia. Sampel penelitian ini terdiri dari 88 pegawai di SKPD Kabupaten Magelang. Alat analisis yang digunakan adalah SPSS dengan Regresi Linier Berganda. Studi ini memberikan bukti bahwa penerapan sistem akuntansi keuangan daerah dan pemanfaatan teknologi informasi berpengaruh positif terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah, sedangkan kompetensi sumber daya manusia, penerapan standar akuntansi pemerintahan, dan pengendalian intern tidak berpengaruh positif terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah.
PERATAAN LABA, KEPEMILIKAN MANAJERIAL, DAN KUALITAS AUDITOR TERHADAP REAKSI PASAR Yulianti, Yulianti; Yuniarto, Arif Sapta
Jurnal Analisis Bisnis Ekonomi Vol 14 No 1 (2016): Volume 14, Nomor 1, April 2016
Publisher : Universitas Muhammadiyah Magelang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (249.056 KB)

Abstract

Salah satu parameter yang paling sering digunakan oleh investor untuk mengukur kenaikan atau penurunan kinerja perusahaan adalah laba. Dengan demikian mendorong manajer untuk melakukan “manajemen laba” yaitu perataan laba. Mekanisme pengawasan yang diperlukan untuk mengurangi perilaku manipulasi laba oleh manajemen adalah untuk mengaudit laporan keuangan. Mekanisme lain yang bisa dilakukan adalah dengan memperbesar kepemilikan manajerial. Nilai perusahaan dapat dilihat dari reaksi di pasar saham. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perataan laba, kepemilikan manajerial, dan kualitas auditor terhadap reaksi pasar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan publik yang tercatat di Bursa Efek Indonesia. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 37 perusahaan manufaktur yang ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi dari publikasi Bursa Efek Indonesia pada tahun 2010 hingga 2012. Data dianalisis dengan menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perataan laba, kepemilikan manajerial dan kualitas auditor tidak mempengaruhi reaksi pasar.
GREEN MARKETING TERHADAP MINAT BELI PADA PELANGGAN NAAVAGREEN NATURAL SKIN CARE YOGYAKARTA Sigit, Murwanto
Jurnal Analisis Bisnis Ekonomi Vol 14 No 1 (2016): Volume 14, Nomor 1, April 2016
Publisher : Universitas Muhammadiyah Magelang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (242.167 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sub green marketing yang berupa eco-brand,eco labeling,iklan lingkungan dan eco brand terhadap minat beli pada pelanggan Naavagreen Natural Skin Care Yogyakart. Jenis penelitian ini adalah survei dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh pelanggan yang mengetahui produk Naavagreen Natural Skin Care. Metode pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 180 orang. Data dikumpulkan dengan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa:(1) terdapat pengaruh positif dan signifi kan sub green marketing yang berupa eco-brand terhadap minat beli pada pelanggan Naavagreen Natural Skin Care Yogyakarta, hal ini dibuktikan dengan nilai t hitung>t tabel (4,159>1,969), signifi kansi 0,000<0,05, dan koefi sien regresi mempunyai nilai positif sebesar 0,326; (2) terdapat pengaruh positif dan signifi kan sub green marketing yang berupa eco-labelling terhadap minat beli pada pelanggan Naavagreen Natural Skin Care Yogyakarta, hal ini dibuktikan nilai t hitung>t tabel (4,652>1,969), signifi kansi 0,000<0,05, dan koefi sien regresi mempunyai nilai positif sebesar 0,547; (3) terdapat pengaruh positif dan signifi kan sub green marketing yang berupa iklan lingkungan terhadap minat beli pada pelanggan Naavagreen Natural Skin Care Yogyakarta, hal ini dibuktikan nilai t hitung>t tabel (4,532>1,969), signifi kansi 0,000<0,05, dan koefi sien regresi mempunyai nilai positif sebesar 0,678; dan (4) terdapat pengaruh positif dan signifi kan sub green marketing yang berupa eco-labelling, eco-labelling, dan iklan lingkungan terhadap minat beli pada pelanggan Naavagreen Natural Skin Care Yogyakarta, hal ini dibuktikan dengan nilai F hitung > F tabel (41,443>2,64) dengan nilai signifi kansi 0,000<0,05.

Page 1 of 1 | Total Record : 9


Filter by Year

2016 2016


Filter By Issues
All Issue Vol 23 No 1 (2023): January-June Vol 20 No 2 (2022): July-December Vol 20 No 1 (2022): January - June Vol 19 No 1 (2021) Vol 18 No 2 (2020) Vol 18 No 1 (2020) Vol 17 No 2 (2019): Volume 17, Nomor 2, Oktober 2019 Vol 17 No 1 (2019): Volume 17, Nomor 1, April 2019 Vol 16 No 2 (2018): Volume 16, Nomor 2, Oktober 2018 Vol 16 No 1 (2018): Volume 16, Nomor 1, April 2018 Vol 16 No 1 (2018): Volume 16, Nomor 1, April 2018 Vol 15 No 2 (2017): Volume 15, Nomor 2, Oktober 2017 Vol 15 No 2 (2017): Volume 15, Nomor 2, Oktober 2017 Vol 15 No 1 (2017): Volume 15, Nomor 1, April 2017 Vol 14 No 2 (2016): Volume 14, Nomor 2, Oktober 2016 Vol 14 No 2 (2016): Volume 14, Nomor 2, Oktober 2016 Vol 14 No 1 (2016): Volume 14, Nomor 1, April 2016 Vol 14 No 1 (2016): Volume 14, Nomor 1, April 2016 Vol 13 No 2 (2015): Volume 13, Nomor 2, Oktober 2015 Vol 13 No 2 (2015): Volume 13, Nomor 2, Oktober 2015 Vol 13 No 1 (2015): Volume 13, Nomor 1, April 2015 Vol 13 No 1 (2015): Volume 13, Nomor 1, April 2015 Vol 12 No 2 (2014): Volume 12, Nomor 2, Oktober 2014 Vol 12 No 2 (2014): Volume 12, Nomor 2, Oktober 2014 Vol 12 No 1 (2014): Volume 12, Nomor 1, April 2014 Vol 12 No 1 (2014): Volume 12, Nomor 1, April 2014 Vol 11 No 2 (2013): Volume 11, Nomor 2, Oktober 2013 Vol 11 No 2 (2013): Volume 11, Nomor 2, Oktober 2013 Vol 11 No 1 (2013): Volume 11, Nomor 1, April 2013 Vol 11 No 1 (2013): Volume 11, Nomor 1, April 2013 Vol 10 No 2 (2012): Volume 10, Nomor 2, Oktober 2012 Vol 10 No 2 (2012): Volume 10, Nomor 2, Oktober 2012 Vol 10 No 1 (2012): Volume 10, Nomor 1, April 2012 Vol 10 No 1 (2012): Volume 10, Nomor 1, April 2012 Vol 9 No 2 (2011): Volume 9, Nomor 2, Oktober 2011 Vol 9 No 2 (2011): Volume 9, Nomor 2, Oktober 2011 Vol 9 No 1 (2011): Volume 9, Nomor 1, April 2011 Vol 9 No 1 (2011): Volume 9, Nomor 1, April 2011 Vol 8 No 2 (2010): Volume 8, Nomor 2, Oktober 2010 Vol 8 No 2 (2010): Volume 8, Nomor 2, Oktober 2010 Vol 8 No 1 (2010): Volume 8, Nomor 1, April 2010 Vol 8 No 1 (2010): Volume 8, Nomor 1, April 2010 Vol 7 No 2 (2009): Volume 7, Nomor 2, Oktober 2009 Vol 7 No 2 (2009): Volume 7, Nomor 2, Oktober 2009 Vol 7 No 1 (2009): Volume 7, Nomor 1, April 2009 Vol 7 No 1 (2009): Volume 7, Nomor 1, April 2009 Vol 6 No 2 (2008): Volume 6, Nomor 2, Oktober 2008 Vol 6 No 2 (2008): Volume 6, Nomor 2, Oktober 2008 Vol 6 No 1 (2008): Volume 6, Nomor 1, April 2008 Vol 6 No 1 (2008): Volume 6, Nomor 1, April 2008 Vol 5 No 2 (2007): Volume 5, Nomor 2, Oktober 2007 Vol 5 No 2 (2007): Volume 5, Nomor 2, Oktober 2007 Vol 5 No 1 (2007): Volume 5, Nomor 1, April 2007 Vol 5 No 1 (2007): Volume 5, Nomor 1, April 2007 Vol 4 No 2 (2006): Volume 4, Nomor 2, Oktober 2006 Vol 4 No 2 (2006): Volume 4, Nomor 2, Oktober 2006 Vol 4 No 1 (2006): Volume 4, Nomor 1, April 2006 Vol 4 No 1 (2006): Volume 4, Nomor 1, April 2006 Vol 3 No 2 (2005): Volume 3, Nomor 2, Oktober 2005 Vol 3 No 2 (2005): Volume 3, Nomor 2, Oktober 2005 Vol 3 No 1 (2005): Volume 3, Nomor 1, April 2005 Vol 3 No 1 (2005): Volume 3, Nomor 1, April 2005 Vol 2 No 2 (2004): Volume 2, Nomor 2, Oktober 2004 Vol 2 No 2 (2004): Volume 2, Nomor 2, Oktober 2004 Vol 2 No 1 (2004): Volume 2, Nomor 1, April 2004 Vol 2 No 1 (2004): Volume 2, Nomor 1, April 2004 Vol 1 No 1 (2003): Volume 1, Nomor 1, Oktober 2003 Vol 1 No 1 (2003): Volume 1, Nomor 1, Oktober 2003 More Issue